Para astronom telah mengkonfirmasi keberadaan sebuah planet ekstrasurya yang mengorbit bintang terdekat dengan Matahari kita

Para astronom telah mengkonfirmasi keberadaan sebuah planet ekstrasurya yang mengorbit bintang terdekat dengan Matahari kita

Para astronom telah mengkonfirmasi keberadaan Proxima b, sebuah planet ekstrasurya yang sedikit lebih besar dari Dunia yang mengorbit bintang yang sangat dekat dengan Matahari kita.

Observatorium Eropa menciptakan planet itu pada tahun 2016 dengan dorongan spektograf Harpa, namun saat ini para astronom telah menyudahi buat memakai teleskop besar yang berplatform di Chili buat pengukuran planet yang lebih cermat. Teleskop ini mempunyai spektograf terkini serta lebih kokoh yang diucap Espresso, Russia Today menulis.

Espresso mempunyai akurasi 3 kali bekuk dari Harpa, yang pada dasarnya merupakan instrumen yang serupa, cuma dari angkatan tadinya.

” Kita telah amat suka dengan kemampuan Harps, yang telah bertanggung jawab buat menciptakan ratusan exoplanet sepanjang 17 tahun terakhir, serta saat ini Espresso bisa berikan kita pengukuran yang lebih bagus, hadiah sepanjang 10 tahun kegiatan regu,” tutur Francesco Pepe, pengarang exoplanet serta guru besar terkini. astronomi di Universitas Jenewa.

Para periset menciptakan kalau Proxima b merupakan 1, 17 kali massa Dunia. Pengukuran Harps tadinya membuktikan kalau Proxima b merupakan 1, 3 kali lebih besar dari Dunia.

Proxima b menuntaskan jalur ataupun jalur planet di dekat bintangnya yang diucap Proxima Centauri tiap 11, 2 hari. Proxima Centauri terdapat 4, 2 tahun sinar dari Matahari. Planet ekstrasurya ini 20 kali lebih dekat dengan bintangnya dari Dunia jauh dari Matahari.

Proxima Centauri merupakan bintang katai merah bermassa kecil, yang berarti kalau meski planet ekstrasurya dekat dengan bintang ini, beliau menyambut tenaga yang serupa semacam yang dipakai Dunia dari Matahari.

” Proxima b amat eksklusif di antara seluruh exoplanet yang diketahui. Ini merupakan exoplanet terdekat dengan kita, kurang lebih seukuran Dunia. Terbebas dari realitas kalau Harps dengan nyata mengetahui exoplanet ini pada tahun 2016, butuh buat memperoleh sertifikat Espresso buat melenyapkan seluruh keragu- raguan,” tuturnya. Christophe Lovis, kawan pengarang riset di Unit Astronomi di Universitas Jenewa.

Hasil riset mengenai planet luar Proxima b diterbitkan minggu kemudian di harian Astronomi& Astrofisika.

Hits: 1324

Juni 6, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *