Tradisi Perempuan Pulau Solor Saat sebelum Menikah

Perkawinan merupakan kegiatan sakral yang dicoba antara sejoli pacar dengan tujuan buat membangun rumah tangga. Di era yang modern ini, tidak sangat repot lagi sesungguhnya kala mau menikah. Tiap orang mempunyai jalur benak serta jalur hidup masing– masing sehingga seluruh perlakuan juga bisa ditoleransi dengan gampang.

Tetapi, sedikit berbeda dengan perempuan yang berasal dari pulau Solor baru. Terdapat sebagian ketentuan yang wajib dipahami oleh perempuan– perempuan yang tinggal di pulau tersebut serta mau menikah. Apa saja kah skill yang wajib dipahami serta dipunyai oleh perempuan solor? Ayo kita ikuti suatu cerita dari Ashari Yudha yang berjalan– jalur ke pulau tersebut serta menciptakan kenyataan mencengangkan ini.

Buat kalian yang ingin menikah, kira2 saat sebelum nikah terdapat skill apa sih yang wajib kalian dapat kuasai? Nah ingin sharing nih, jika bagi cerita masyarakat dekat, perempuan asli pulau Solor baru boleh menikah sehabis memahami 3 perihal. Yang awal merupakan menganyam, yang kedua merupakan menenun, serta yang terakhir merupakan meniti jagung. Bila terdapat satu perihal yang belum sanggup dicoba, hingga perempuan itu belum pantas buat menikah.

Hingga dari itu, semenjak jaman dulu pulau Solor telah jadi penghasil produk anyaman. Pada awal mulanya, produk cuma dijual disekitar pulau Solor, Adonara, serta Larantuka saja. Tetapi saat ini, produk2 anyaman di Flores Timur mulai diketahui serta dijual diberbagai belahan dunia.

Perempuan Solor umumnya tidak cuma mengurus anyaman saja, namun pula berkebun serta mengurus anak. Umumnya dalam satu hari, waktu yang disisihkan buat menganyam mulai dari 2 sampai 4 jam. Sisanya buat mengurus perihal yang lain.

Beruntung, wanita- wanita muda Solor masih banyak yang ingin belajar menganyam demi tradisi yang hendak terus berjalan. Berbeda dengan sebagian wilayah lain yang generasi mudanya tidak begitu hirau dengan tradisi yang sebentar lagi punah. Jika di Solor, 3 perihal itu harus dapat dicoba oleh perempuan supaya dapat menikah. Jika di kota, kira2 harus apa yang saat sebelum dapat menikah? Masak? Mengurus anak? Apa lagi coba….

Agustus 17, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.