Resep dan Cara Membuat Kentang Goreng Crispy

Resep Kentang Goreng Crispy

Resep dan Cara Membuat Kentang Goreng Crispy – Kentang Goreng menjadi makanan favorit kami sekeluarga, karena memang kentang goreng juga bisa mengenyangkan. Diartikel kali ini kami akan memberikan informasi seputar resep dan cara membuat kentang goreng crispy yang enak dan gurih.

Namun sebelum kita ke resep dan cara membuat kentang goreng crispy ini silahkan anda simak ulasan kami berikut.

Kandungan gizi kentang memanglah tidak butuh diragukan lagi. Tidak hanya hampir tidak memiliki lemak, kalori pada kentang terkategori rendah. Satu buah kentang rebus dimensi lagi( 100 gr) memiliki cuma dekat 90 kalori.

Kandungan gizi kentang tidak dapat dikira remeh. Walaupun komposisinya didominasi oleh karbohidrat, kentang pula memiliki banyak vitamin, mineral, serat, serta antioksidan yang berarti untuk kesehatan badan.

Tidak hanya itu, kentang pula mengenyangkan sehingga membuat Kamu lebih dapat menahan diri buat makan lebih banyak. Oleh sebab itu, kentang umumnya jadi menu karbohidrat utama buat diet.

Bermacam Kandungan Gizi Kentang

Kandungan gizi kentang terdiri dari nutrisi makro ataupun mikro. Nutrisi makro berarti nutrisi yang diperlukan badan dalam jumlah besar. Karbohidrat, lemak, serta protein tercantum dalam nutrisi makro, sebaliknya vitamin serta mineral terkategori nutrisi mikro, yang maksudnya diperlukan badan dalam jumlah sedikit.

Berikut ini merupakan bermacam kandungan gizi kentang:

1. Karbohidrat

Kentang terdiri dari 66–90% karbohidrat. Karbohidrat kerap dikira selaku biang keladi peningkatan berat tubuh. Perihal ini tidak seluruhnya salah, paling utama bila karbohidrat disantap kelewatan. Tetapi, badan sesungguhnya senantiasa memerlukan karbohidrat sebab karbohidrat ialah sumber utama tenaga untuk badan.

Para pakar menganjurkan supaya 45–65% dari total kalori per hari berasal dari karbohidrat. Jadi, bila badan memerlukan 2. 000 kalori per hari, 900–1300 kalori dianjurkan berasal dari karbohidrat. Kamu dapat memadai kebutuhan ini dengan kentang.

2. Serat

Kandungan serat pada kentang banyak ada pada bagian kulitnya. Serat pada kentang merupakan tipe serat yang dapat jadi sumber santapan untuk kuman baik di usus besar, sehingga berguna buat memelihara kesehatan saluran pencernaan. Tidak hanya itu, serat ini pula dikenal bisa mengendalikan gula darah serta membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Dampak ini menjadikan kentang selaku salah satu santapan yang baik buat diet.

Supaya dapat menemukan khasiat optimal, Kamu dianjurkan buat meniriskan dahulu kentang yang baru dimasak. Kentang yang telah dingin memiliki kandungan serat yang lebih besar daripada kentang yang dimakan panas- panas.

3. Protein

Protein berperan dalam penciptaan zat kimiawi badan semacam hormon serta enzim. Protein pula diperlukan dalam pembuatan otot, tulang, sel darah, rambut serta kulit. Kandungan protein pada kentang memanglah terkategori sedikit, apalagi sangat sedikit dibanding dengan tumbuhan pangan yang lain, semacam jagung serta gandum.

Walaupun demikian, kandungan protein yang dikandung kentang terkategori bermutu besar. Protein utama pada kentang bernama patatin. Sebagian orang bisa jadi mempunyai alergi terhadap protein kentang ini.

4. Antioksidan

Antioksidan diketahui dalam menghindari radikal leluasa serta bermacam penyakit kronis, semacam penyakit jantung koroner, sebagian tipe kanker, serta diabet. Walaupun demikian, masih diperlukan riset lebih lanjut buat meyakinkan keefektifan antioksidan dalam kentang buat kurangi resiko penyakit kronis pada manusia.

5. Kalium

Kalium( potasium) ialah mineral yang sangat banyak di dalam kentang. Mineral ini bisa memencet resiko tekanan darah besar, penyakit jantung, serta stroke. Kandungan kalium paling banyak ada pada kulit kentang.

6. Folat

Bila disantap secara teratur, kentang dapat jadi sumber folat yang baik. Folat ialah nutrisi yang berarti untuk badan, paling utama untuk perempuan berbadan dua. Perempuan berbadan dua ataupun yang lagi menempuh program berbadan dua disarankan komsumsi santapan yang memiliki banyak asam folat.

7. Vitamin B6

Salah satu kandungan gizi kentang yang pula tidak kalah berarti merupakan vitamin B6 yang berfungsi dalam pembuatan sel darah, memelihara kesehatan saraf, menolong penciptaan antibodi ataupun zat imunitas badan, serta mendukung pencernaan protein.

8. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang berguna buat membetulkan jaringan badan, menolong penyerapan zat besi, memelihara kesehatan tulang serta gigi, dan berfungsi dalam sistem imunitas badan. Kandungan vitamin C paling banyak pada kentang terletak di bagian kulitnya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kentang Goreng Crispy

  •  3 kentang ukuran besar.
  •  Bawang Putih
  •  Garam
  •  Air
  •  Es BAtu
  •  3 sdm tepung terigu
  •  2 sdm tepung maizena

Cara membuat Kentang Goreng Crispy 

  1.  Kupas kentang dan potong memanjang, kemudian cuci bersih.
  2.  Panaskan air dengan bawang putih yang sudah diulek atau digeprek dan tambahkan 1 sdt garam.
  3.  Masukkan kentang yang sudah di potong tadi, rebus di air mendidih kira-kira 5 menit. Sementara siapkan air dan es batu di baskom.
  4.  Setelah direbus, angkat kentang kemudian masukkan kedalam baskom yang sudah berisi es batu, aduk sampai dingin lalu tiriskan.
  5.  Setelah ditiriskan, masukkan kedalam campuran tepung terigu dan maizena , aduk kentang sampai tertutup tepung.
  6.  Masukkan kedalam kulkas dahulu selama 1 jam (lebih dar 1 jam boleh)
  7.  Goreng kentang sampai bewarna agak kuning.
  8.  Sajikan dengan tambahan saus sambal, saus tomat, ataupun mayonaise
Oktober 28, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *